Jaringan Fiber Optic milik Google

Perusahaan iklan dan search engine raksasa, Google berencana untuk membangun dan menguji jaringan broadband fiber optic super cepat di beberapa komunitas di US, yang menjanjikan kecepatan layanan satu gigabit per detik. Dengan kecepatan 1Gbps tersebut memudahkan user untuk men-download sebuah film HD dalam hitungan menit dan lebih dari 1000 lebih cepat dibandingkan yang ditawarkan oleh layanan DSL AT&T.
Google menamakan eksperimen fiber optic tersebut untuk mendukung rencana broadband nasional dari FCC. Google menawarkan diri sebagai kandidat dengan harga layanan yang kompetitif untuk jutaan orang. Tujuan Google membuat jaringan fiber optic tersebut adalah untuk membantu akses Internet yang lebih cepat dan lebih baik untuk setiap orang. Google menjelaskan, bahwa pihaknya baru menguji cara baru untuk membangun jaringan fiber, dan mengoperasikan jaringan “akses terbuka”, mem

berikan user pilihan multi penyedia layanan.
Namun, berita pembangunan jaringan fiber optic oleh Google tersebut dirasa bukan berita buruk untuk banyak ISP, yang telah memiliki kerja sama yang panjang dengan Google. Walaupun Google terkoneksi juga dengan jaringan ISP, namun ISP seperti AT&T juga banyak mengkompalin properties Google, seperti YouTube yang harus membayar lebih untuk muatannya di jaringan ISP tersebut.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: